Sabtu, 24 Oktober 2020

APEL SIAGA BENCANA 2020

 


Oleh : Dr.H.Ismatullah,M.Pd
    Siravek memiliki program sekolah siaga bencana melalui indikator Aman yg ditetapkan. Sekolah aman memiliki antisipasi terhadap perlindungan warga sekolah dari berbagai bencana yg akan terjadi.

    Sekolah Siaga Bencana (SSB), telah di canangkan oleh Forkopinda Kota Cilegon, 23 Oktober 2020 sebagai upaya pencegahan untuk mengurangi akibat dari dampak bencana yg ada.

    Sekolah Siaga Bencana adalah program berbasis sekolah dalam rangka membangun kesiapsiagaan masyarakat terhadap potensi bencana di Indonesia.
Program ini bertujuan menggugah kesadaran seluruh unsur, baik individu maupun kolektif, di sekolah dan lingkungan sekolah agar memahami dan siap menghadapi bencana yang mungkin terjadi. Sekolah Siaga Bencana dicanangkan secara nasional oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana terkait tingginya frekuensi bencana dan banyaknya potensi bencana di Indonesia.

    Ada beberapa syarat minimal untuk dapat menjalankan program sekolah siaga bencana di Indonesia. Syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Memiliki komitmen dari kepala sekolah dan komunitas sekolah.
2. Didukungan dari dinas pendidikan di wilayahnya.
Memiliki dukungan dari organisasi terkait pengurangan risiko bencana.
3. Melakukan penguatan kapasitas pengetahuan dan keterampilan bagi guru dan siswa sekolah.
4. Melakukan latihan berkala yang jelas dan terukur.
5. Melibatkan dukungan terus-menerus dari dinas pendidikan dan organisasi terkait penanggulangan risiko bencana (PRB), termasuk dalam proses pemantauan dan evaluasi sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2021-2022

Link Pendaftaran https://forms.gle/VMXiTUYcgDszY8bS9